Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Puji  dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saat ini kita dapat hadir bersama dalam acara Peresmian Operasional Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Penjaminan Kredit Daerah Kalimantan Timur (Jamkrida Kaltim).

Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, saya menyambut baik dan mengucapkan selamat atas peresmian operasional PT. Jamkrida Kaltim. Kepada Otoritas jasa Keuangan (OJK), Pemporov Kaltim juga mengucapkan terima kasih atas diterbitkannya Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan No.KEP-133/D.05/2014 tanggal 7 November 2014 tentang Pemberian Izin Usaha Perusahaan Penjaminan Kredit kepada PT. Penjaminan Kredit Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Semoga dengan mulai beroperasinya kegiatan PT. Jamkrida Kaltim, maka kegiatan koperasi dan UMKM yang memanfaatkan penjaminan kredit akan berjalan dengan lancar, sekaligus berdampak poisitif terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur.

Harapan saya, dengan peresmian operasional ini, PT. Jamkrida Kaltim yang memiliki motto; “Solusi Sukses Usaha Anda”, dapat segera bekerja dengan mencermati berbagai masalah dan perkembangan yang terjadi, serta perubahan begitu cepat yang terjadi di berbagai bidang usaha. Pengembangan ekonomi sektor riil dalam rangka pemberdayaan masyarakat di Kaltim dapat lebih ditingkatkan lebih baik lagi dengan melakukan pembenahan, efektivitas, sinkronisasi program, perencanaan yang matang, rasionalitas, koordinasi, memantapkan jaringan kerja, kompetensi, permodalan, pengembangan SDM dan profesionalisme di jajaran aparat pelaksananya.

Untuk diketahui, PT. Jamkrida Kaltim telah dibentuk melalui Peraturan Daerah (Perda) No.9 Tahun 2012. PT Jamkrida Kaltim memiliki jenis dan bidang usaha penjaminan, antara lain penjaminan kredit mikro dan kecil, kontrak bank garansi, konstruksi, barang dan jasa, multiguna, lingkage program (bank-koperasi dan anggotanya).

Dalam kegiatan usahanya, PT Jamkrida Kaltim memiliki visi dan misi serta motto yang mencerminkan apa yang menjadi maksud dan tujuan didirikannya PT. Jamkrida Kaltim yang tertuang pada bab IV pasal 4 Perda Nomor 9 Tahun 2012, yaitu Visi PT. Jamkrida Kaltim adalah; “Menjadikan PT. Jamkrida Kaltim sebagai perusahaan penjaminan yang terpercaya guna mendukung kegiatan koperasi dan UMKM sebagai kekuatan ekonomi Kaltim”.

Kemudian Misi yang diemban adalah;

  1. Meningkatkan kemampuan dan memperlancar kegiatan koperasi dan UMKM melalui penjaminan kredit guna mendukung pertumbuhan ekonomi Kaltim. Mengelola perusahaan secara profesional dengan menerapkan prinsip-prinsip ‘Good Corporate Governance secara berkesinambungan.
  2. Meningkatkan kinerja perusahaan agar mendapatkan keuntungan guna lebih maksimal memberikan dukungan ke koperasi dan pelaku UMKM.
  3. Memberi kontribusi ke pemegang saham dalam bentuk pendapatan asli daerah (PAD).

            Pemerintah Provinsi Kaltim juga memberi apresiasi yang tinggi pada kepedulian Kabupaten/Kota se-Kaltim terhadap pendirian PT. Jamkrida Kaltim, menyusul beberapa waktu lalu telah ditandatangani kesepakatan antara Gubernur dengan Bupati/Walikota dan DPRD Kabupaten/Kota di Kaltim dan Kaltara untuk mengalokasikan modal penyertaan kepada PT. Jamkrida Kaltim melalui Anggaran APBD masing-masing, dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dirut PT. Jamkrida Kaltim dengan Bankaltim serta BPR BEPEDE Kutai Sejahtera untuk Program Penjaminan Pinjaman bagi Koperasi dan UMKM, serta Memorandum of Understanding (MoU) PT. Jamkrida Kaltim dengan BNI 46, BRI serta BPR Kota Samarinda,  harapan saya agar MoU yang telah ditandatangani bersama tersebut dapat ditingkatkan menjadi Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan memberikan kesempatan kepada   PT. Jamkrida Kaltim untuk menjadi rekanan dalam penjaminan kredit kepada koperasi dan UMKM khususnya di wilayah operasional Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

            Langkah dan upaya yang kita laksanakan tersebut sangat sejalan dengan upaya Pemerintah dalam meningkatkan Program pro-rakyat mencakup peningkatan sumber daya manusia (SDM) koperasi dan usaha mikro kecil menengah. Program pengembangan  fasilitasi peningkatan permodalan koperasi dan UMKM, serta program pengembangan sistem pendukung  usaha bagi UMKM dan program peningkatan kualitas kelembagaan koperasi.

Sehubungan dengan itu, kita berharap PT. Jamkrida Kaltim akan mampu meningkatkan kegiatan ekonomi di Kaltim serta mendukung kelancaran jalannya pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Akhirnya dengan mengharap ridha Allah SWT dan dengan mengucapkan ”Bismillahirrahmanirrahim”, Operasional Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Penjaminan Kredit Daerah Kalimantan Timur (Jamkrida Kaltim)  dengan ini saya nyatakan beroperasi dan resmi dibuka.

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR,

  H. AWANG FAROEK ISHAK